RSS

Persiapan Mendaki Gunung

19 Feb

Mendaki gunung merupakan suatu pengalaman yang sangat menyenangkan dan menarik bagi sebagian besar penggiat kegiatan alam bebas, sulit untuk dilupakan apalagi ketika sudah berada di puncak gunung, menikmati udara segar pegunungan dan disaat guyub bersama teman-teman seperjalanan, kegiatan mendaki gunung bisa sebagai penghilang stress dan degradasi moral lainnya. Kegiatan mendaki gunung adalah kegiatan alam bebas yang membutuhkan beberapa persiapan, baik itu persiapan mental dan fisik serta teknis supaya tidak terjadi kemungkinan atau mengalaman buruk dalam pendakian.

  1. Persiapan mental

Persiapan mental sangat mempengaruhi kondisi fisik, berdoa, berlatih untuk berpikir positif dan optimis sangat diperlukan, serta mengetahui kemampuan sendiri dalam tim agar tidak terlalu memaksakan diri dan bisa menghadapi medan yang ditempuh.

  1. Persiapan fisik

Persiapan fisik sangat dibutuhkan karena kegiatan mendaki gunung sangat membutuhkan ketahanan tubuh yang kuat, persiapan fisik yang bisa dilakukan adalah olahraga, misalnya : jogging, fitness, berenang, rutin bersepeda, dll.

  1. Perencanaan pendakian
  • Mempelajari medan yang akan ditempuh, termasuk menentukan rute jalur yang akan dilewati.
  • Perkiraan waktu yang dibutuhkan dalam pendakian.
  • Periksa segala perlengkapan yang dibawa.
  1. Perlengkapan dalam pendakian.

Dalam hal ini pendaki diharuskan membawa perlengkapan seperlunya yang aman dan nyaman, lebih bagus lagi kalau bisa membawa perlengkapan/barang yang multiguna praktis dan beban barang tidak terlalu berat.

Ransel

Pilih yang tidak berat dan ringkas. Berat ketika ransel kosong kurang dari 1,3kg. beban yang terlalu berat [melebihi kemampuan tubuh untuk mengangkat beban] menyebabkan beberapa masalah dalam pendakian, diantaranya : cepat lelah, lambat, membosankan, lekas marah, dan rendahnya rasa kebersamaan saat di jalan setapak. Selain itu juga dapat menyebabkan cidera di bahu, pinggul, atau punggung, keseleo di mata kaki. Ketika perjalanan jadi lambat maka itu artinya waktu untuk beristirahat dan bersantai jadi berkurang.

Sleeping bag

Istirahat untuk mengembalikan stamina itu penting saat kegiatan pendakian, maka dari itu pilih peralatan tidur yang tidak terlalu berat dan nyaman untuk dipakai.

Matras
Usahakan membawa matras yang bisa dilipat dan dimasukkan dalam tas carier agar tidak mengganggu dalam perjalanan. saat ini ada bahan alumimium foil berlapis busa yang sangat ringan dan bisa dilipat, mekipun tipis tapi kemampuan aluminium menahan uap lembab dari tanah sangat baik sekali, jenis matrass ini tersedia dalam ukuran yang lebar dan cukup untuk tenda atau bivy untuk satu orang.

Tenda

Carilah tenda yg sekiranya didisain tahan angin besar dan hujan besar lebat. Usahakan memilih tenda yang mudah dan praktis saat dirakit atau digunakan. Pilihlah tenda yang masuk akal beratnya dan dimensi yang kecil pada saat di packing. Selain untuk kepraktisan juga sangat membantu ketika harus dibawa-bawa dalam carrier

Alat masak

Ada banyak sekali alat masak ultralight yang praktis untuk dipakai dan dibawa dalam tas ransel, biasanya dalam 1 set terdapat kompor, jampel, loyang lapis tavlon dan wadah untuk masak nasi dan air. yang sering orang gunakan biasanya jenis Trangia.

Kantung plastic
Selalu siapkan kantong plastic dalam tas karena nantinya berguna sebagai kantong tempat sampah yang harus dibawa turun gunung, tempat baju kotor, dll. Ketika packing, pisahkan barang-barang sesuai dengan kelompoknya, jangan lupa pula untuk melapisi tas dengan kantong plastik/polybag besar didalamnya sebelum memasukkan semua barang karena akan melindungi semua barang secara keseluruhan dari air.

Senter/headlamp

Senter sangat berguna ketika melakukan perjalanan malam, jadi pilihlah alat penerangan yang praktis dibawa, dan tahan di cuaca dingin.

Pisau lipat

Alat ini berupa alat multifungsi, biasanya berisi alat-alat lain dalam 1set seperti gunting, tang, gergaji kecil, dll. Yang saya pakai selama ini adalah merk Leatherman karena lebih lengkap dan awet-tidak mudah berkarat.

Jaket
Pilihlah jaket yang memiliki tutup kepala karena di tempat dingin tutup kepala sangat membantu menutupi dingin pada bagian kepala. selain itu perhatikan bahannya pilihlah jaket yang tahan angin dan tidak berat.

Rain coat / ponco
Pada musim hujan rain coat/ ponco sangat dibutuhkan selain untuk melindungi kita dari hujan, ponco juga bisa digunakan sebagai alas.

Pakaian ganti secukupnya
Untuk pakaian bawalah pakaian yang sesuai dengan musim saat anda mengadakan perjalanan, t-shirt katun dan celana pendek katun tipis sangat baik untuk musim kemarau. Usahakan untuk merencanakannya seefisien mungkin agar tidak kelebihan atau kekurangan.

Sepatu tracking
Pilihlah sepatu yang anti air dan tidak ribet,tentunya yang nyaman dipake juga. usahakan sepatu bisa menutupi/melindungi mata kaki.

Sandal

Untuk sandal gunung model jepit kekurangannya ialah titik pertahan terletak antara jempol kaki dan telunjuk kaki, dan hal ini biasanya membuat bagian tersebut lecet dan membuat kaki kita tidak nyaman. Maka saya sarankan agar memilih sandal jepit model slop demi kenyamanan kaki.

 
1 Comment

Posted by on February 19, 2012 in Adventure & Traveling

 

Tags: , , , , ,

One response to “Persiapan Mendaki Gunung

  1. citraciprutworld

    March 12, 2012 at 09:16

    Hope that this article useful for you who want to hiking in the mountains.
    n_n

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: