RSS

Mengunjungi Sang Maestro Seni Lukis [ Museum Affandi ]

02 Mar

Affandi (1907-1990) adalah seorang pelukis yang dikenal sebagai Maestro Seni Lukis Indonesia. Pelukis Indonesia yang paling terkenal di dunia internasional, berkat gaya ekspresionismenya atau abstrak sehingga seringkali lukisannya sangat sulit dimengerti oleh orang lain terutama oleh orang yang awam tentang dunia seni lukis jika tanpa penjelasannya. Dengan mengunjungi tempat ini berasa telah diberi kesempatan untuk mengetahui bagian hidup yang sangat berarti bagi Sang Maestro ini, kita bisa melihat karya-karya agung semasa sang maestro hidup, karya para pelukis lain yang ditampungnya, alat transportasi yang dipakainya dahulu, rumah yang ditinggali hingga sebuah sanggar yang kini dipakai untuk membina bakat melukis anak. Dari brosur museum yang Ciprut baca juga telah menjelaskan banyak hal tentang Museum Affandi.

Museun Affandi terletak di jalan L. Adisucipto 167, yaitu jalan utama sebelum masuk pusat kota Jogja, di tepi barat sungai Gajahwong. Letaknya sangat Strategis sebagai salah satu kompleks museum seni lukis di Jogja. Kompleks museum ini menempati tanah sekitar 3.500 m2 terdiri atas bangunan rumah tinggal pelukis Affandi dan Keluarganya. Lahan yang berteras tidak menghambat Affandi dalam menciptakan tata letak bangunan beserta lingkungnnya. Pembangunan kompleks museum ini dilakukan secara bertahap dan dirancang sendiri oleh Affandi.

Galeri I

Pada tahun 1962 Affandi selesai membangu Galeri I dengan luas bangunan 314.6 m2 sebagai ruang pameran bagi sejumlah hasil karya lukisannya. Bangunan Galeri I ini kemudian diresmikan oleh Direktur Jendral Kebudayaan Prof. Ida Bagus Mantra pada tahun 1974. Pada Galeri I dapat disaksikan hasil karya Affandi yang berupa lukisan dari tahun-tahun awal hingga tahun terakhir semasa hidupnya. Lukisan tersebut terdiri atas sketsa-sketsa diatas kertas, lukisan cat air, pastel, serta cat minyak diatas kanvas. Hasil karya dua buah patung potret diri yang terbuat dari tanah liat dan semen, serta sebuh reproduksi patung karyanya erupa potret diri bersama putrinya Kartika. Sebuah mobil Colt Gallant tahun 1976 adalah mobil kesayangan smasa hidupnya yang telah dimodifikasi sehingga menyerupai bentuk ikan yang terpajang di dalam ruangan ini pula. Selain itu terdapat sepedah dan sejumlah reproduksi diatas kanvas dan kertas.

Galeri II

Pada tahun 1987 Presiden Soeharto memberikan bantuan berupa pendirian sebuah bangunan Galeri II, yang menempati areal tanah seluas 351,5 m2. Bangunan Galeri II ini kemudian diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Fuad Hassan pada tanggal 9 Juni 1988.

Galeri III

 

Galeri III didirikan tahun 1997 dan diresmikan oleh Sri Sultan HB X pada tanggal 26 Mei 2000 dan dibangun atas ide dasar yang sama dengan bangunan lainnya antara kompleks museum yang menggunakan bentuk garis melengkung dengan atap yang membentuk pelepah daun pisang. Galeri III mempunyai tiga lantai bangunan, lantai I digunakan untuk ruang pameran, lantai II untuk ruang perawatan/perbaikan lukisan, dan lantai ruang bawah tanah sebagai ruang penyimpanan lukisan.

Studio Gajah Wong I diresmikan pada bulan Januari 2004 berfungsi sebagai ruang pamer. Kemudian pada bulan Januari 2010, studio Gajah Wong II diresmikan dan digunakan sebagai tempat belajar anak-anak dan dewasa.

Bangunan lain yang terdapat di kompleks museum Affandi ini merupakan bangunan pelengkap, yang dahulu difungsikan Affandi sebagai bangunan keluarga, yang direncanakan sebagai ruang untuk konservasi lukisan, guesthouse, dan lain sebagainya. Kolam renang keluarga tempat berkumpulnya Affandi beserta anak cucu pada saat tertentu. Sebagai peristirahatannya yang terakhir, Affandi wafat pada tanggal 23 Mei 1990 dan telah memilih tempat pemakamannya diantara 2 bangunan Galeri I dan II, berdampingan dengan istrinya Maryati, dikelilingi lukisan hasil karyanya serta rimbunan tanaman. Sebagi bagian dari komples Museum Affandi, rumah tinggal Affandi dan keluarganya berbentuk rumah panggung dengan konstruksi tiang penyangga utama dari beton dan tiang-tiang kayu, dan atap dari bahan sirap yang membentuk sebuah pelepah daun pisang. Bangunan yang ada di kompleks museum ini seluruhnya spiral lengkung dan bagian atas rumah panggung merupakan kamar pribagi Affandi, sedangkan bagian bawah digunakan sebagai ruang duduk tamu serta garasi mobil.

Sebuah gerobak telah dimodifikasi menjadi sebuah kamar, lengkap dengan dapur dan kamar kecilnya, dibangun Affandi atas permintaan Maryati istrinya sebagai tempat istirahat di siang hari dan tempat menyulam karya-karyanya. Bentuk gerobak menjadi ide pilihan Affandi, ketika semula Maryati menginginkan “caravan” [yang banyak digunakan masyarakat Amerika sebagai sarana tempat tinggal yang mudah berpindah tempat]. Semasa hidupnya Affandi disamping memilih koleksi hasil karya lukisnya, juga mengoleksi hasil karya seniman lain, yang berupa karya lukis, pahat, patung, dan lain sebagainnya. Koleksi karya seniman lainini terdiri dari hasil karya seniman pemula hingga seniman ternama Indonesia lainnya, koleksi lukisan Affandi yang tersimpan saat ini berjumlah 300 buah, yang dipamerkan berkala secara bergantian di museumnya.

Alamat:

MUSEUM AFFANDI
Jl. Laksda Adisucipto 167
Yogyakarta 55281

Telp. 0274-562 593

Jam Kunjungan:

Senin-Minggu 09.00-16.00
Hari libur nasional tutup

Tiket:
Tiket Rp 20.000 (bonus pensil dan kupon soft drink di Cafe Loteng)

Note: Dulu kamera dikenakan biaya Rp 10.000, sekarang tidak diperbolehkan memotret di dalam galeri.

 
1 Comment

Posted by on March 2, 2012 in Art & Design

 

Tags: , , , , , ,

One response to “Mengunjungi Sang Maestro Seni Lukis [ Museum Affandi ]

  1. citraciprutworld

    March 3, 2012 at 09:03

    Thanks for the ‘Like’
    I love writers like you can come to my blog.
    n_n

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: