RSS

Gunung Tangkuban Prahu – 2012

27 Mar

Weekend tanggal 11 Maret 2012 kemarin ciprut sempat mengunjungi rumah sahabat ciprut di Bandung tepatnya di daerah Dago, ini liburan yang singkat, sabtu malem berangkat dari Klaten dan minggu-nya ciprut diajak jalan-jalan ke Kawah Tangkuban Prahu, trus malemnya dah balik lagi ke Klaten karena hari senin harus kerja lagi, waktu yang singkat untuk melepas kangen dengan sahabat lama dan kawasan Gunung Tangkuban Prahu jadi tempat nongkrong sejenak kita.

Kawah Tangkuban Prahu berada di 2084 Mdpl dan termasuk dalam wilayah Kab. Subang. Dari Dago [Bandung] ke kawasan Kawah Tangkuban Prahu jaraknya cuman 17km dan menempuh jarak waktu skitar 30menit doang, Kawah Tangkuban Prahu sebenarnya berupa deretan beberapa kawah yang sangat menakjubkan dan dikelilingi dengan gunung-gunung di sampingnya. Ingin tahu kenapa namanya Tangkuban Prahu? Dari beberapa sumber yang ciprut dapatkan tentang Gunung Tangkuban Perahu bahwa dilihat dari kota Bandung, Gunung Tangkuban Prahu memiliki bentuk yang unik menyerupai perahu terbalik (Bahasa Sunda : tangkuban = terbalik, parahu = Perahu). Bentuk unik dipercaya memiliki kaitan yang sangat erat dengan kisah legenda Sangkuriang. Saat cuaca cerah, lekukan tanah pada dinding kawah demikian juga dasar kawah dapat terlihat cukup jelas sehingga mampu menyajikan pemandangan panoramic yang spektakuler. Gunung Tangkuban Parahu ini termasuk gunung api aktif yang statusnya diawasi terus oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Di kawasan Gunung Tangkuban Prahu terdapat 9 kawah yang masih aktif hingga sekarang, Kawah-kawah tersebut adalah Kawah Ratu, Upas, Domas, Baru, Jurig, Badak, Jurian, Siluman dan Pangguyungan Badak. Sayangnya ciprut ndak sempat menjelajahi semua kawah itu karena awaktu yang mepet, maklum liburan singkat. Lain kali harus dituntaskan. n_n

Berikut beberapa dokumentasi ciprut di kawasan Gunung Tangkuban Prahu.

FYI : Untuk tiket masuk ke kawasan Gunung Tangkuban Prahu antara wisatawan luar dan domestik terdapat perbedaan dan untuk nominalnya tidak dapat dipastikan karena sering berubah-ubah setiap saat [entah karena apa sebabnya].

 
2 Comments

Posted by on March 27, 2012 in Adventure & Traveling

 

Tags: , , , ,

2 responses to “Gunung Tangkuban Prahu – 2012

  1. Lia

    May 25, 2012 at 12:37

    Untuk tiket masuk ke kawasan Gunung Tangkuban Prahu antara wisatawan luar dan domestik terdapat perbedaan dan untuk nominalnya tidak dapat dipastikan karena sering berubah-ubah setiap saat [entah karena apa sebabnya].<<<< Sangat Indonesia sekali. apa sih susahnya nentuin angka yah..:)

     
  2. citraciprutworld

    May 25, 2012 at 13:07

    ya begitulah menurut pengalaman ciprut, penarikan tikat langsung dilakukan di jalan [dekat loket masuk ketika kendaraan antri], dan mereka selalu nge-check siapa saja wisatawannya.
    entah karena faktor apa.. semoga aja bukan faktor reka’an.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: