RSS

Gunung Kelud [Stratovolcano]

29 Mar

Awalnya ngiler melihat foto panorama gunung kelud di FB temen ciprut [Binti]. Akhirnya hari minggu tanggal 18 maret 2012 kemaren ciprut diajak jalan-jalan ke sana. Seru juga liburan kali ini. Dari Klaten ciprut berangkat jam 17.00 naik bis menuju Bra’an-Kertosono jam  22.30, disana ciprut udah janjian sama temen-temen yang berangkat dari Surabaya dengan mobil pribadi, tujuan kita adalah kota Tahu Poong [Kediri-Ngadiluwih], disana kita bermalam dirumah temen ciprut [Suyanto-Irwin]. Jam 11.33 kita mulai berangkat dari Kediri dan sampai di G. Kelud jam 13.30.

Tiket masuk ke kawasan G. Kelud sekarang ternyata naik dua kali lipat dari sebelumnya [Rp. 10000] tapi ini masih termasuk murah. Meskipun  sudah siang tapi udara masih terasa segar namun kita harus berhati-hati karena jalur yang kita lewati rawan longsor dan terdapat ‘Jalan Misterius’, konon katanya ketika melewati jalan ini tanpa menyalakan mesin kendaraan akan melaju dengan sendirinya kearah tanjakan, saya rasa lokasi itu terdapat medan magnet tertentu.

Gunung Kelud berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri dan Kabupaten Blitar, kira-kira 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri dengan ketinggian 1.731 Mdpl. Gunung Kelud (sering disalahtuliskan menjadi Kelut yang berarti “sapu” dalam bahasa Jawa; dalam bahasa Belanda disebut Klut,ClootKloet, atau Kloete). Gunung ini termasuk dalam ‘Cincin Api Pasifik’ dan masih aktif hingga sekarang. Sebelumnya G. Kelud memiliki danau dengan air berwarna biru/tosca di kawahnya… indah sekali, namun sejak tahun 2007 danau itu menghilang karena gunung ini kembali meningkat aktivitasnya dan membentuk sebuah anak gunung di tengah-tengahnya. Karena merupakan gunung yang masih aktif hingga sekarang G. Kelud memiliki sumber air panas. Favorit saya disini adalah pemandangan dinding tebingnya selain menakjubkan juga sering digunakan sebagai area panjat tebing. Kawasan G. Kelud juga sering digunakan sebagai olahraga jogging, lintas alam, dan bumi perkemahan bagi penggiat olahraga alam bebas.

Here are some photos of Kelud. I wish I could take a better picture.

 

 

 
6 Comments

Posted by on March 29, 2012 in Adventure & Traveling

 

Tags: , , ,

6 responses to “Gunung Kelud [Stratovolcano]

  1. irwin

    April 17, 2012 at 23:08

    wei fotoku mlebu iki,.suwun yo.he3

     
  2. bambank

    June 12, 2012 at 08:00

    ndi rek photoku???/

     
    • citraciprutworld

      June 12, 2012 at 08:53

      hahaha.. kali ini anda belum beruntung mas Bambank.
      Kelud tempat yg OK. sebenere ciprut juga suka suasana area parkir-nya pas sore hari.
      hihihi.. pemandangan senja dari parkiran apik.

       
  3. wibisono

    September 26, 2012 at 22:05

    Foto letusanannya yang nomor dua tuh ngeri gan.😀

     
    • Citra Ciprut World

      September 27, 2012 at 08:23

      Iya ya… ngeri. Untunge kesana pas ndak ada letusan lagi, jadinya kawah airnya wes ndak ada juga. Kliatannya Mas Wibisono suka jalan-jalan juga ya?… salam kenal.
      n_n

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: