RSS

Timeless Design Dari Michael Thonet

08 Aug

Ciprut pernah tidak sengaja merancang/mendesain kursi dengan konsep karakter bentuk yang hampir mirip dengan kursi milik Michael Thonet Model No.14 yang dibuat tahun 1859. Ciprut sempat terkejut karena sudah ada orang yang menciptakan terobosan baru dengan teknik bending kayu/bentwood menggunakan uap di tahun 1850-an. Hebat juga ya [The Thonet Furniture Workshop] Namun untungnya rancangan desain kursi yang ciprut bikin terbuat dari material lain [core rattan] dan sudah mengalami perubahan bentuk, jadi, tidak mirip lagi dengan kursi milik M. Thonet, selain itu saat ini Ciprut tidak bisa menampilkan desain itu karena belum ada perlindungan paten desainnya… hehehe.

Ingin tau tentang siapa Michael Thonet? Disini Ciprut ceritakan sedikit tentang Michael Thonet. Seperti yang diceritakan oleh Wikipedia, sebenarnya Michael Thonet [2 Juli 1796 – 3 Maret 1871] adalah seorang pembuat lemari dari dari Boppard di Rhine Jerman pada tahun 1819-an. Di tahun 1830-an Michael Thonet mulai mencoba melakukan experiment untuk membuat furniture kursi yang memiliki terobosan/inovasi baru di dunia furniture kala itu. Ia mulai menemukan komposisi lem yang kuat untuk konstruksi join antar komponennya dan yang paling mengagumkan saat itu, ia sudah bisa membentuk lengkung dari material kayu dengan menggunakan uap panas. Inovasi tersebut menghasilkan desain kursi yang belum pernah ada sebelumnya. Kursi yang sederhana, elegant, lebih ringan, nyaman, dan tahan lama. Kursi tersebut dibuat dengan tujuan untuk bisa diproduksi secara mass-product. Setelah mengikuti pameran dagang Koblenz, ia mendapatkan beberapa penghargaan dan pengakuan dari keluarga kekaisaran. Ia sempat mengalami kesulitan dalam financial, pada tahun 1856 namun ia kembali bangkit, kemudian mendirikan perusahaan baru di Moravia dan berhasil memproduksi kursi Nr. 14-nya sekitar 50 juta pcs [1856-1930], perusahaan tersebut berupa bisnis keluarga yang saat ini dijalankan oleh tiga bersaudara, Claus, Petrus dan Philipp dari generasi ke-5. Desain kursi buatan Michael Thonet tersebut memang istimewa dan menjadi desain yang mendunia hingga saat ini. Kelebihan lain dari desain kursi tersebut adalah bisa masuk dalam segala style desain interior, selain itu saat ini sudah banyak pula orang yang mulai meredesainnya tanpa merubah bentuk aslinya, seperti memberikan warna cat yang eye catching atau mengkombinasikan dudukan dengan menggunakan material lain seperti cushion berwarna, kain goni, menambahkan desain grafis pada dudukan [seperti pada situs archiproducts], atau menggantinya dengan material plastic, seperti yang pernah dilakukan oleh IKEA.

 

Image via Desire

 
6 Comments

Posted by on August 8, 2012 in Art & Design

 

Tags: , , ,

6 responses to “Timeless Design Dari Michael Thonet

  1. citraciprutworld

    September 6, 2012 at 22:58

    sampai saat ini ciprut masih sering menjumpai bentuk desain kursi Tonet ini dibeberapa restoran cepat saji di Indonesia.

     
  2. Salam Mumin

    November 2, 2012 at 00:09

    thonet pake material kayu jenis apa ya,,kok bisa gitu?
    kok kaya rotan bisa mlenkung kaya gitu

     
    • Citra Ciprut World

      November 2, 2012 at 07:38

      untuk material kayu yang Thonet pakai, ciprut masih belum tahu coz belum ada yang menjelaskan tentang material apa yang digunakannya, dan untuk membentuk kelengkungan kayunya, Thonet menggunakan sistem bending dengan menggunakan uap panas.
      mungkin kalau teman-teman ada yang tau, bolehlah kita bagi2 info di sini.
      n_n

       
      • Agus Prayitno

        December 2, 2013 at 09:16

        Di indonesia belum banyak teknik bending untuk kayu..kursi thonet yg dibuat di indo terutama di jawa masih menggunakan sistem joint kemudian pembentukan lengkung secara manual.
        Jika anda tertarik bisa saya tunjukan cara pembuatanya.

         
  3. Lubna

    June 5, 2014 at 17:32

    hi…dimana bisa dapat kerusi seperti in di indonesia..terutama sekali di jogja…makasih

     
    • Citra Ciprut World

      June 16, 2014 at 16:37

      saya belum tau pasti tempatnya, kalau kursi yang bukan aslinya namun bentuknya mirip (jiplakkannya) sepertinya saya pernah menjumpai kursi semacam ini dipampang di showroom toko furniture di daerah Jepara. kalau kejauhan mungkin bisa memesannya ke pengrajin furniture langsung yang ada di daerah sekitar Jogja / Klaten / Solo

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: