RSS

Pendakian Gunung Lawu

23 Mar

Dalam rangka menikmati liburan, kita (ciprut & binti) berniat untuk mengajak beberapa teman untuk hiking ke puncak Hargo Dumilah di gunung Lawu di keiggian 3.265 Mdpl yang letaknya di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk saya sendiri, ini adalah kali kedua saya menikmati jalan berbatu di gunung ini. Event nostalgia buat saya, seketika teringat pendakian pertama saya di sini bersama teman-teman dari BPN kala itu, pengalaman yg sangat menyenangkan, seperti pendakian kali ini namun dengan teman dan cerita yang berbeda.

Cemoro Sewu

Perjalanan bermula dari kota Surabaya (03.40) menuju kota Magetan (09.30) dengan berkendara motor. Jalur tracking favorit para pendaki Gunung Lawu ada dua, Cemoro Kandang dan Cemoro sewu, kita memilih jalur Cemoro Sewu dengan kondisi jalan berbatu yang ditata rapi seperti tangga namun lumayan melelahkan, selain itu juga karena waktu perjalanan bisa lebih pendek. Setelah memarkirkan kendaraan disekitar pintu gapura Cemoro Sewu, Tracking dimulai dari pos perijinan di Cemoro Sewu. Melewati jalan setapak yang dikelilingi pohon pinus dan lahan wortel milik masyarakat sekitar hingga sampai d pos 1 pukul 10.45, untuk pendaki yang capek bisa istirahat di sini sebentar. Diantara pos perijinan dan pos 1 terdapat pos bayangan yang memiliki sumber air bersih, biasanya para pendaki yang sudah turun gunung mengambil air dari sumber ini ketika kehabisan persediaan air. Namun satu hal yang sangat disayangkan disetiap pos yang seharusnya nyaman untuk tempat istirahat dan menghirup sejuknya udara pegunungan ternyata yang ada sekarang kondisinya sangat memprihatinkan, tidak terawat dan sangat kotor, (maaf.. bisa dibilang hampir mirip tempat pembuangan sampah).

Pos 2 (kotor dan atap yang rusak)

Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan pemandangan yang mulai tampak menghijau khas pemandangan pegunungan dan sampai di pos 2 pukul 12.55, untuk yang sedang lapar dan kalau beruntung di sini terdapat warung yang menyediakan makanan dan minuman hangat… menyenangkan bukan?

Setelah istirahat sebentar untuk meluruskan kaki sejenak dan membuka bekal makanan kita, perjalanan dilanjutkan menuju pos 3. Jalur yang dilalui masih berupa jalan setapak berbatu disebelah dinding-dinding tebing berbatu… pemandangannya oke banget dah. Pukul 14.45 sampai di pos 3.

Setelah istirahat 10 menit di pos 3, perjalanan dilanjutkan sampai pos 4 pukul 16.40 udara sudah mulai dingin dan hujan gerimis mulai turun namun tetap kita lanjutkan dengan memakai jas hujan yang kita bawa masing-masing karna berharap tidak akan kemalaman sampai di pondok Hargo Inggil nantinya. 10 menit kemudian dalam perjalanan menuju pondok Hargo Inggil yaitu pukul 16.50, kita memutuskan untuk istirahat dan membuka tenda dome kami di tepi jalan setapak dengan pemandangan yang sangat menakjubkan di malam harinya… dingin.. itu sudah pasti, tapi kita punya teh dan kopi cocok untuk menemani kita bercengkrama bersama dalam hangatnya secangkir kopi dan teh hangat… nikmat sekali.

Sanrise Puncak Lawu

Untuk mengejar sunrise di puncak gunung Lawu – Hargo Dumilah, sengaja kita rencanakan untuk bangun lebih awal, pukul 03.25 pagi setelah packing semua barang dan peralatan, kita melanjutkan perjalanan hingga nyampek puncak pukul 05.10, tedikit terlambat memang, itu karena kita sangat menikmati pemandangan di perjalanan ini jadi sangat santai sekali dan kita sengaja tidak mampir ke pondok Hargo Inggil. Setelah sampai,  suasana di puncak gunung Lawu saat itu sudah penuh dengan kelompok pendaki lain, maklum lah dalam pendakian kita kali ini berbarengan dengan hari 1 Sura (tahun baru dalam kalender Jawa) jadi banyak kelompok peziarah yang akan melakukan kegiatan spiritual khusus seperti meditasi atau hanya sekedar mengirim doa. Tak’apa lah yang penting kita sudah bisa bernafas lega, menghirup udara puncak pegunungan di pagihari yang segar dan inilah waktunya untuk bernarsis riaaaa… Horeeee!!! Puncaaaakk!!!

Puncak Lawu - Hargo Dumilah

1. Maman Sastro

April 13, 2013 at 10:27

Maaf, itu jalur Cemoro Sewu, Magetan, Jawa TImur
    Saya sering naik Gunung Lawu. Jalur Cemoro Kandang terletak di Karanganyar, Jawa Tengah. Medannya masih dominan tanah dan lebih panjang jarak tempuhnya ke puncak.

• Citra Ciprut World

April 13, 2013 at 14:40

Waaahh.. iya..maaf.. saya kebalik nyebutnya…
      seharusnya saya lewat jalur Cemoro Sewu memang..
      Terimakasih ya Mas Maman atas review-nya.